STRATEGI PELESTARIAN MAKANAN TRADISIONAL MELALUI PELATIHAN BAGI MASYARAKAT KEMANTREN KOTA GEDE YOGYAKARTA

  • Titik Sulistiyani Akademi Kesejahteraan Sosial "AKK" Yogyakarta
  • Eka Rachmawati Akademi Kesejahteraan Sosial "AKK" Yogyakarta
  • Lina Mufidah Akademi Kesejahteraan Sosial "AKK" Yogyakarta
Keywords: Strategi, Pelatihan, makanan tradisional

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan makanan tradisional kepada masyarakat, serta sebagai untuk melestarikan makanan tradisional agar tidak punah. Pelatihan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Kelurahan Rejowinangun Kemantren Kotagede, bekerjasama dengan Program Studi Seni Kuliner Akademi Kesejahteraan Sosial AKK Yogyakarta., Jumlah peserta pelatihan sebanyak 30 orang. Pelaksanaan pelatihan dilakukan pada tanggal 14 dan 15 Oktober pukul 09.00-14.00 WIB dan bertempat di Laboratorium Seni Kuliner AKS-AKK Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah  1) Ceramah, 2). Demontrasi 3). Praktek Bersama, dengan menu Lemper Goreng , Widaran. dan Talam Ebi. Hasil dari pelatihan ini masyarakat memperoleh tambahan pengetahuan, lebih mengenal makanan tradisional dan berupaya untuk melestarikan makanan tradisional agar tidak punah .

References

Edy Sedyawati. 2008. Budaya Indonesia (Kajian Arkeologi, Seni, dan Sejarah). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Harmayani, Eni dkk, Makanan Tradisional Indonesia Seri 1: Kelompok Makanan Fermentasi dan Makanan yang Populer di Masyarakat. Yogyakarta : UGM PRESS, 2019
Kartajaya, H., & Nirwandar, S. (2013). Tourism Marketing 3.0. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Marwanti. (1997). Menanamkan Kebiasaan Mengkonsumsi Makanan Tradisional Sebagai Aset Budaya dan Wisata Boga. Jurnal Cakrawala Pendidikan Nomer 2 Tahun XVI, Juni 1997. Halaman 95 – 101.
Tyas, A.S.P (2017). Identifikasi Kuliner Lokal Indonesia dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pariwisata Terapan. Volume 1 Nomer 1 Tahun 2017. Halaman 38-51.
Published
2022-12-31
How to Cite
Sulistiyani, T., Rachmawati, E., & Mufidah, L. (2022). STRATEGI PELESTARIAN MAKANAN TRADISIONAL MELALUI PELATIHAN BAGI MASYARAKAT KEMANTREN KOTA GEDE YOGYAKARTA. Jurnal Abdimas Akademika, 3(02), 96 - 103. Retrieved from https://aks-akk.e-journal.id/JAA/article/view/193

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.