PEMBUATAN SABUN TANGAN DARI LIMBAH MINYAK GORENG DI UPPKS LUMINTU I BINTARAN

Authors

  • Herina Yuwati Akademi Kesejahteraan Sosial AKK Yogyakarta
  • Tri Warsi Hapsari aks akk yogyakarta
  • Indah Safitri aks akk yogyakarta

Keywords:

Pelatihan, Limbah, Minyak Goreng, Sabun Tangan

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan pada masyarakat bahwa limbah minyak goreng atau minyak goreng bekas yang sudah tidak terpakai karena sesuatu hal bisa dijadikan sesuatu yang berguna bagi masyarakat yaitu bisa dijadikan sabun untuk mencuci tangan. Pengabdian  masyarakat merupakan salah satu tugas dari dosen yang merupakan bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi pelatihan ini diperuntukkan bagi pengurus dan anggota dari Usaha Pendapatan Keluarga Sejahtera atau UPPKS Lumintu 1 di daerah Bintaran Kecamatan Mergangsan. Jumlah peserta pelatihan sebanyak 25 orang terdiri dari pengurus dan anggota UPPKS Lumintu 1 Bintaran. Metode yang dipergunakan saat pelatihan tersebut adalah ceramah, demonstrasi, tanya jawab, praktek bersama. Hasil dari pelatihan ini, masyarakat terutama anggota dan pengurus UPPKS Lumintu 1 Bintaran dapat menambah pengetahuan keterampilan dan penggunaan limbah minyak goreng.

References

Aisyah, D. S., Ilahi, N. P., Soleha, H., & Gamayanti, W. (2021). Pembuatan Sabun Padat dari Minyak Jelantah sebagai Solusi Permasalahan Limbah Rumah Tangga dan Home Industri. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(31), 46-60.
Erviana, V. Y., Suwartini, I., & Mudayana, A. (2018). Pengolahan Limbah Minyak Jelantah dan Kulit Pisang Menjadi Sabun. Jurnal Solma, 7(2), 144.
Hanjarvelianti, S., & Kurniasih, D. (2020). Pemanfaatan minyak jelantah dan sosialisasi pembuatan sabun dari minyak jelantah pada masyarakat Desa Sungai Limau Kecamatan Sungai Kunyit-Mempawah. Jurnal Buletin Al-Ribaath, 15(2), 26.
Handayani, K., Kanedi, M., Farisi, S., & Setiawan, W. A. (2021). Pembuatan sabun cuci dari minyak jelantah sebagai upaya mengurangi limbah rumah tangga. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 2(1), 55-62.
LPMI AKS - AKK, Pedoman Penulisan Pengabdian Pada Masyarakat Yogyakarta “AKS”AKK

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Yuwati, H., Hapsari, T. W., & Safitri, I. (2024). PEMBUATAN SABUN TANGAN DARI LIMBAH MINYAK GORENG DI UPPKS LUMINTU I BINTARAN. Jurnal Abdimas Akademika, 5(01), 17–23. Retrieved from https://aks-akk.e-journal.id/JAA/article/view/288

Most read articles by the same author(s)