PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN KETRAMPILAN HANTARAN GURU KELAS SMPLB DAN SMALB

  • Herina Yuwati Akademi Kesejahteraan Sosial "AKK" Yogyakarta
Keywords: Pelatihan, Hantaran, Guru SMPLB dan SMALB

Abstract

Pelatihan pada pengabdian masyarakat bertujuan untuk memberikan wawasan, pengetahuan dan ketrampilan tentang hantaran yaitu aneka souvenir, seni lipat melipat dari bahan handuk dan jenis pembuatan mahar dari uang imitasi kepada guru kelas SMPLB dan SMALB di SLB Negeri Pembina Kota Yogyakarta. Metode yang dipergunakan dalam pengabdian ini yaitu metode ceramah, tanya jawab, observasi, demonstrasi, penugasan, dokumentasi dan evaluasi. Subyek dalam pengabdian masyarakat adalah guru kelas SMPLB dan SMALB. Sedang jumlah orang yang dilatih sebanyak 2 orang. Adapun tanggal pelaksanaanya adalah 24,25,26 November dan 2 Desember 2021. Waktu pelaksanaanya dari jam 08.00 WIB – 16.00 WIB di SLB negeri pembina kota Yogyakarta.Hasil pelatihan terlihat bahwa kedua orang guru kelas tersebut sangat telaten dan teliti dan rapih dalam membuat lipat melipat  Hantaran yang diberikan dalam pelatihan. Kesimpulanya adalah pelatihan Hantaran ini sangat berguna bagi guru kelas SLB untuk menambah wawasan ,pengetahuan dan ketrampilan. Juga berguna jika ditularkan kepada anak didik SLB sehingga ilmu tersebut tidak di pakai sendiri.Saran bagi sekolah SLB Pembina diharapkan pesertanya lebih banyak lagi dan dapat menjalin kerjasama dengan instansi yang dijadikan narasumber.

References

E. Wardana dkk,2001, Seni dan Tehnik Menata Hantaran Tingkat Dasar, Jakarta, Meutia Cipta Sarana
E. Wardana dkk,2001, Seni dan Tehnik Menata Hantaran Tingkat Terampil, Jakarta, Meutia Cipta Sarana
E. Wardana ,2013 Kreasi Hantaran,Jakarta, Meutia Cipta Sarana
E. Wardana ,2017 Kreasi Hantaran level II, Jakarta Pusat Pendidikan Ketrampilan “WIDIA”
Kemdikbud 2010, Hantaran Cantik dan Unik, Jakarta, Kemdikbud
LPMI AKS –AKK, Pedoman Penulisan Pengabdian Pada Masyarakat, Yogyakarta, AKS –AKK
N. Martono 2021, Metode penelitian Kualitatif, Jakarta Rajawali Pers
Published
2022-06-29
How to Cite
Yuwati, H. (2022). PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN KETRAMPILAN HANTARAN GURU KELAS SMPLB DAN SMALB. Jurnal Abdimas Akademika, 3(01), 17-23. Retrieved from https://aks-akk.e-journal.id/JAA/article/view/166

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.