PEMBIMBINGAN PESERTA LKSN HANTARAN TINGKAT SLB SE- KABUPATEN BANTUL

  • Herina Yuwati Akademi Kesejahteraan Sosial "AKK" Yogyakarta
Keywords: Pembimbingan , LKSN,SLB, Kabupaten Bantul.

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan , tehnik lipat melipat, asesoris dan pengemasan hantaran.pada peserta Lomba Ketrampilan Siswa Nasional atau LJSN anak berkebutuhan khusus atau SLB se Kabupaten Bantul.

Metode yang di pergunakan adalah metode obeservasi untuk melihat hasil pekerjaan anak –anak yang sudah jadi yaitu membentuk hantaran untuk kelahiran bayi yang sudah ada kriterianya yaitu wadah bahan baku bebas tetapi harus berbentuk binatang, bahan- bahan untuk kelahiran bebas jenisnya dan maksimal wadah berukuran 40cm -50 cm. Sedang metode evaluasi di gunakan mengevaluasi hasil pekerjaan anak –anak apakah sesuai dengan ketentuan atau tidak, mulai dari bahan baku pembuatan wadah, isi hantaran bentuk wadah yang harusnya berbentuk binatang , asesoris yang di pergunakan dan pengemasannya. Evaluasi ini dilakukan secara virtual atau daring di karenakan adanya pandemi covid- 19 dan peraturan pemerintah bahwa pertemuan belum boleh tatap muka.  Metode dokumentasi di pergunakan untuk mendokumenkan kegiatan pengabdian masyarakat saat evaluasi secara virtual.

Tujuan Pembimbingan ini agar yang mendapat nilai tertinggi yang di nyatakan sebagai pemenang LKSN Hantaran Tingkat Kabupaten Bantul yang berhak mewakili maju Lomba Tingkat Propinsi. Pembimbingan ini dilakukan agar yang mewakili hasilnya nanti akan lebih baik lagi dari yang kemaren

References

Enon Wardana,dkk 2001 Seni dan Tehnik Menata Hantaran Tingkat Dasar, Jakarta, Meutia Cipta Sarana
Enon Wardana dkk, 2001, Seni dan Tehnik Menata Hantaran Tingkat Trampil, Jakarta, Meutia Cipta Sarana
KEMDIKBUD, 2010 Hantara Cantik dan Unik ,Jakarta, Kemendikbud
Enon Wardana 2013, Kreasi Hantaran, Jakarta, Meutia Cipta Sarana
Enon Wardana dkk 2017, Kreasi Hantaran level II, Jakarta, Pusat Pendidikan Ketrampilan wanita
LPMI AKS –AKK, Pedoman Penulisan Pengabdian Pada Masyarakat, Yogyakarta, AKS –AKK
Nanang Martono ( 2021 ), Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta, Rajawali Pers
Published
2021-12-30
How to Cite
Yuwati, H. (2021). PEMBIMBINGAN PESERTA LKSN HANTARAN TINGKAT SLB SE- KABUPATEN BANTUL. Jurnal Abdimas Akademika, 2(02), 84-91. Retrieved from https://aks-akk.e-journal.id/JAA/article/view/134

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.