PELATIHAN PEMBUATAN SULAMAN MENGUBAH DAN MENGHIAS CORAK PADA KAIN KOTAK-KOTAK DI MADRASAH MU’ALLIMAT MUHAMMDIYAH YOGYAKARTA

  • Titin Prihatini Akademi Kesejahteraan Sosial "AKK" Yogyakarta
Keywords: Kata Kunci : Pelatihan, Sulaman mengubah dan menghias corak, Ekstrakurikuler, Keywords: Training, Embroidery to change and decorate patterns, Extracurricular.

Abstract

ABSTRAK

Kegiatan  ini bertujuan untuk memberi pengetahuan dan keterampilan pada para santri untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, serta memperkaya dan memperluas wawasan pengetahuan atau kemampuan, serta meningkatkan nilai sikap dalam rangka penerapan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari dari berbagai mata pelajaran kurikulum sekolah. Keterampilan menyulam mengubah dan menghias corak termasuk dalam sulaman berwarna.Fungsi sulaman mengubah dan menghias corak adalah untuk meningkatkan nilai estetika atau nilai keindahan atau menambah lebih indah pada kain yang sudah bermotif kotak-kotak atau bintik-bintik dan juga meningkatkan harga jual benda yang dibuat dari kain dengan teknik mengubah dan menghias corak. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah  metode ceramah, demonstrasi dan penugasan, yakni dengan cara guru membagikan bahan dan alat yang diperlukan kepada para santri, kemudian menjelaskan langkah membuat, fungsi dan manfaat dari sulaman tersebut. Keterampilan ini bisa dikembangkan dan digunakan untuk berwirausaha. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan para santri dapat termotivasi untuk menciptakan produk baru dengan berbagai model dan motif yang lain.

 

Kata Kunci : Pelatihan, Sulaman mengubah dan menghias corak, Ekstrakurikuler.

 

 

 

 

 

ABSTRACT

               This activity aims to provide knowledge and skills to students to develop their potential, talents, interests, and to enrich and broaden their knowledge or abilities, as well as increase the value of attitudes in the context of applying the knowledge and skills that have been learned from various school curriculum subjects.The skill of changing and decorating patterns is included in colored embroidery.The function of embroidery to change and decorate patterns is to increase the aesthetic value or beauty value or add more beauty to fabrics that are already patterned with boxes or spots and also increase the selling price of objects made of fabrics by changing and decorating patterns.The method used in this training is the method of lectures, demonstrations and assignments, namely by the teacher distributing the materials and tools needed to the students, then explaining the steps to make, the functions and benefits of the embroidery.These skills can be developed and used for entrepreneurship.With this training, it is hoped that the students will be motivated to create new products with various other models and motives. 

Keywords: Training, Embroidery to change and decorate patterns, Extracurricular.

References

Agustien.N & Endang.S. (1980). Pengetahuan Barang Tekstil. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan .

Ernawati. (2008). Tata Busana Jilid 3. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dannMenengah. Departemen Pendidikan Nasional.

Wasia Roesbani Pulukadang. (2009). Keterampilan Menghias Kain. Bandung: Penerbit Angkasa.

Widjiningsih. (1982). Desain Hiasan Busana dan Lenan Rumah Tangga. Yogyakarta: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yogyakarta.

http://kursusjahityogya.blogspot.com/2015/03/mengu.html

http://smilejuniz.blogspot.com/2013/12/merubah-corak.html
Published
2020-12-24
How to Cite
Prihatini, T. (2020). PELATIHAN PEMBUATAN SULAMAN MENGUBAH DAN MENGHIAS CORAK PADA KAIN KOTAK-KOTAK DI MADRASAH MU’ALLIMAT MUHAMMDIYAH YOGYAKARTA. Jurnal Abdimas Akademika, 1(02), 33-41. Retrieved from https://aks-akk.e-journal.id/JAA/article/view/83

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.