PELATIHAN PEMBUATAN KAIN SHIBORI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PARA SANTRI DI MADRASAH MU’ALLIMAT MUHAMMDIYAH YOGYAKARTA

  • Titin Prihatini Akademi Kesejahteraan Sosial "AKK" Yogyakarta
Keywords: pelatihan, keterampilan, shibori

Abstract

Kegiatan pelatihan pembuatan kain Shibori pada para santri di madrasah mu’allimat muhammdiyah yogyakarta merupakan kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler yang bertujuan untuk memberikan keterampilan produktif yang membantu para santri di madrasah mu’allimat muhammdiyah Yogyakarta dalam mengembangkan kreativitasnya. Materi kegiatan ini meliputi: 1) teori tentang Shibori, macam-macam Shibori,  alat dan bahan yang dibutuhkan, cara pembuatan priduk dengan teknik Shibori. 2) Praktik pembuatan fragmen macam-macam bentuk motif lipatan kain dan pembuatan kain produk Shibori berupa taplak meja, dari persiapan alat dan bahan sampai menjadi taplak meja, dan 3) Evaluasi hasil pembuatan Shibori dari para santri. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan mulai tanggal 14 Januari 2023 dan berakhir pada tanggal 3 Juni 2023, dan diikuti oleh 14 peserta  dengan hasil sebagai berkut: 1) para peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan keterampilan membuat Shibori yang dibuktikan dengan semangat belajar dan kesungguhan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. 2) Target pelatihan dapat tercapai dengan baik dapat dilihat dari bukti hampir seluruh peserta mampu menyelesaikan pembuatan kain Shibori dengan hasil baik berupa taplak meja.

References

Ami Wahyu & Tati Supardi. 2017. Cara Mudah Membuat Shibori. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Departemen Pendidikan Nasional. 2018. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rosita Dwi Werena, Trisya Seotiana, Tiara: 2020. Penerapan Teknologi Shibori dengan Pencelupan Menggunakan Pewarna Alami: Prosiding Senapati Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Teknologi dan Inovasi. Sinergi Nasional Pengabdian Masyarakat untuk Pembangunan Berkelanjutan.
Tessa Eka Damayanti: 2022. Pembuatan Kain Bermotif dengan Teknik Shibori untuk Meningkatkan Keterampilan Warga Binaan Lapas Wanita Kelas IIa Bandung: Jurnal Community Empowermment Vol. 7. No. 2 (2022) pp 313-319. P- ISSN: 2614-4964.
Published
2023-06-30
How to Cite
Prihatini, T. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN KAIN SHIBORI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PARA SANTRI DI MADRASAH MU’ALLIMAT MUHAMMDIYAH YOGYAKARTA. Jurnal Abdimas Akademika, 4(01), 16 - 24. Retrieved from https://aks-akk.e-journal.id/JAA/article/view/226

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.