PEMBUATAN BROS DARI BAHAN PITA SATIN UNTUK MEMBEKALI KREATIVITAS SISWI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Titin Prihatini Akademi Kesejahteraan Sosial "AKK" Yogyakarta
Keywords: Pembuatan Bros, Kreativitas, Pandemi Covid 19

Abstract

Kondisi pandemi covid-19 membawa dampat yang sangat sulit di bidang ekonomi dan bidang pendidikan. Pandemi Covid-19 juga mengubah model pembelajaran secara drastis, dari pembelajaran secara konvensional menjadi pembelajaran yang dilakukan secara daring yang hanya bisa melalui aplikasi saja seperti google meet dan google classroom.  Maka dari itu model pembelajaran yang dilakukan adalah dengan pembelajaran daring atau online. Pelatihan keterampilan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada para siswi agar dapat mengembangkan potensi, bakat, minat, serta memperkaya dan memperluas wawasan pengetahuan dan kemampuan, serta meningkatkan nilai, sikap, dalam rangka penerapan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari dari berbagai mata pelajaran kurikulum sekolah. Fungsi aksesoris adalah sebagai barang tambahan yang berfungsi sebagai pelengkap dan pemanis dalam berbusana. Fungsi bros dalam berbusana, selain sebagai pemanis dalam berbusana juga dapat digunakan sebagai penjepit jilbab. Selain itu aksesoris tidak hanya sebagai penambah keindahan bagi seseorang yang memakainya, selain itu aksesoris juga dapat diolah agar mempunyai nilai jual dan dapat dijadikan untuk wirausaha. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah dengan menggunakan metode daring atau onlain, yaitu melaui zoom meeting untuk menyampaikan materi teori dan dengan video tutorial untuk memandu materi praktek. Manfaat dari pelatian ini adalah dapat mengembangkan kemampuan dan kreativitas para siswi  sesuai dengan potensi, bakat, dan minat mereka, dan mengembangkan kesiapan karier.  Dengan kreativitasnya mereka dapat  menggunakannya sebagai modal untuk berwirausaha.

References

Andila, dkk. 2017. Kerajinan Sange Aceh (Tudung Saji) di Gampong Lueng Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Seni, Drama, Tari & Musik.

Departemen Pendidikan Nasional. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ke empat. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Goet Poespo. 2007. Aksesoris Asri. Kanisius: Yogyakarta.

Yuliana Liu. 2015. Bunga dari Renda, Kain, & Pita Seinfah Aslinya. Kriya Pusta, Grup Puspa Swara: Jakarta.
Published
2021-12-30
How to Cite
Prihatini, T. (2021). PEMBUATAN BROS DARI BAHAN PITA SATIN UNTUK MEMBEKALI KREATIVITAS SISWI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Abdimas Akademika, 2(02), 92-98. Retrieved from https://aks-akk.e-journal.id/JAA/article/view/135

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.