PELATIHAN KOMUNIKASI KEPENDIDIKAN GUNA MENINGKATKAN BONDING SISWA BAGI GURU-GURU DI SMK

  • Rr. Christiana Mayang Anggraeni Stj Politeknik Negeri Media Kreatif
Keywords: komunikasi kependidikan, bonding, siswa SMK

Abstract

Keberhasilan dalam pembelajaran sangat ditentukan oleh interaksi antara guru dan siswa. Komunikasi yang terjalin antara guru dan siswa harus bersifat suportif dan konstruktif sehingga menciptakan iklim belajar yang menyenangkan. Komunikasi yang efektif tidak hanya memberikan keuntungan bagi kehidupan akademik, tetapi juga penting bagi kesehatan mental dan kesejahteraan psikologis (well-being). Peserta didik SMK umumnya merupakan generasi Z dimana memiliki karakteristik sebagai generasi yang terbuka terhadap berbagai hal, seperti isu sosial dan lingkungan, multikulturalisme, dan kemajuan teknologi, “Dia tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, selalu ingin tahu, dan selalu kemana-mana. Jika ada masalah tertentu, mereka lebih berani untuk menyuarakannya. Hal-hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pendidik dalam menyampaikan materi lewat komunikasi didunia pendidikan.

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk (1) menambah wawasan dan meningkatkan pengetahuan komunikasi kependidikan dalam meningkatkan bonding antara guru dan siswa. (2) meningkatkan keterampilan kominikasi formal maupun non-formal guna membentuk bonding antara guru dan siswa. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini antara lain metode presentasi, dan metode Group Building. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa peserta pelatihan telah mendapatkan tambahan wawasan dan juga pengetahuan terkait komunikasi kependidikan, selain itu peserta mampu menganalisis cara-cara membentuk bonding saat berkomunikasi dengan siswa SMK.

References

A Noe, Raymond .2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Mencapai Keunggulan Bersaing. Jakarta: Salemba Empat.
Ashfia, H. (2018). Efektifitas komunikasi berkualitas untuk meningkatkan efikasi diri pengasuhan anak pada orang tua sibuk bekerja (Skripsi). Diambil dari http://etheses.uin-malang.ac.id/13733/1/14410091.pdf
Hadinata, R. (2015). ANALISIS METODE PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI CV X Rizal. AGORA, 3(2), 475–478.
https://sekolahloka.com/data/smkn-33-jakarta/ diakses tanggal 17 Desember 2023, pukul 14.08.
Lilis Trianingsih. (2014). Hubungan Interpersonal Guru-Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di Smk Negeri 2 Yogyakarta. Diakses di https://eprints.uny.ac.id/20542/1/Lilis%20Trianingsih%2010505244037.pdf tanggal 18 Desember 2023.
Muhamad Yasin. (2015). Komunikasi Pendidikan Menuju Pembelajaran Efektif. Kediri: Stain Kediri Press.
Muhammad Aidil Aqsar. (2018). Komunikasi Dalam Pendidikan. Volume III No. 2 Januari-Juni 2018.
Sword, R. (2020). Effective Communication in the Classroom: Skills for Teachers, From High Speed Training. Available at: https://www.highspeedtraining.co.uk/hub/communicationskills-for-teachers/ (Accessed: 17 Desember 2023).
Published
2023-12-28
How to Cite
Anggraeni Stj, R. C. (2023). PELATIHAN KOMUNIKASI KEPENDIDIKAN GUNA MENINGKATKAN BONDING SISWA BAGI GURU-GURU DI SMK. Jurnal Abdimas Akademika, 4(02), 154-164. Retrieved from https://aks-akk.e-journal.id/JAA/article/view/263

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.