PELATIHAN PERHITUNGAN KEBUTUHAN DAN KECUKUPAN MAKANAN SEHAT UNTUK KELUARGA DI KELURAHAN SRENGSENG SAWAH, JAKARTA SELATAN

  • Rr. Christiana Mayang Anggraeni Stj Politeknik Negeri Media Kreatif
Keywords: Perhitungan Kebutuhan dan Kecukupan, Makanan Sehat, Energi

Abstract

Perkembangan bisnis makanan, terutama makanan cepat saji sangat menjamur di wilayah Kota, khususnya Jakarta Selatan, hal ini memberi kemudahan Ibu-Ibu dalam menyajikan makanan bagi keluarga. Kini ibu-ibu lebih senang membeli makanan siap saji, yang praktis tanpa perlu repot berbelanja dan memasak. Apalagi dengan berkembangnya era aplikasi pemesan makanan seperti yang disediakan Gojek yaitu Gofood, yang disediakan Grab yaitu Grabfood, Shoppe yaitu Shoppefood, dan berbagai macam aplikasi lain yang tersedia appstore. Ketika memesan makanan dari luar, kita tidak tau bagaimana kebersihan, penggunaan bahan penyedap, sampai kandungan gizi yang terdapat pada proses pemasakannya. Hal ini tentunya berakibat jangka panjang terhadap perkembangan kecukupan energi untuk keluarga, yang mana diharapkan anggota keluarga mampu berbadan sehat, cukup gizi dan memiliki berat badan dan tinggi badan ideal. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk (1) menambah wawasan dan meningkatkan pengetahuan tentang kebutuhan dan kecukupan makanan sehat. (2) memperkaya dan mendalami  kandungan energi dan gizi yang diperlukan untuk diri sendiri dan keluarga. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarat ini dilakukan dalam bentuk pelatihan. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini antara lain metode presentasi, dan metode Group Building. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa peserta pelatihan telah mendapatkan tambahan wawasan dan juga pengetahuan terkait kebutuhan dan kecukupan makanan sehat, selain itu peserta mampu menganalisis kebutuhan dan kecukupan energi dan gizi untuk keluarga.

References

A Noe, Raymond .2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Mencapai Keunggulan Bersaing. Jakarta: Salemba Empat.
Ari Istiany dan Rusilanti 2013. (Gizi Terapan). Bandung : Remaja Rosdakarya.
BPS Jakarta Selatan. (2017). Kecamatan Jagakarsa Dalam Angka 2017. Jakarta: Badan Pusat Statistik Kota Administrasi Jakarta Selatan. ISSN: 0854-087X.
Hadinata, R. (2015). ANALISIS METODE PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI CV X Rizal. AGORA, 3(2), 475–478.
Sabila Rusyadi. (2018). Eating Pattern and Physical Activity Level of College Students with Excess Body Weight at Yogyakarta State University. Jurnal Pendidikan Teknik Boga.
Sasono Wibowo dan Indra Gamayanto. (2021). Pelatihan Pengolahan Makanan Sehat Ibu-Ibu PKK Kelurahan Bulu Lor Semarang Utara. Abdimasku, Vol. 4, No. 2, Mei 2021: 111-120.
Published
2023-06-30
How to Cite
Anggraeni Stj, R. C. (2023). PELATIHAN PERHITUNGAN KEBUTUHAN DAN KECUKUPAN MAKANAN SEHAT UNTUK KELUARGA DI KELURAHAN SRENGSENG SAWAH, JAKARTA SELATAN. Jurnal Abdimas Akademika, 4(01), 55 - 64. Retrieved from https://aks-akk.e-journal.id/JAA/article/view/240

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.