MEDIA PEMBELAJARAN PELATIHAN KULINER MENGGUNAKAN MEDIA YOUTUBE/VIDEO TUTORIAL BAGI WARGA MASYARAKAT YOGYAKARTA DI LPK ACA

  • Nur Wahyuni AKS AKK
Keywords: Media pembelajaran, Pelatihan, Frozen food, Pandemi Covid 19

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia saat ini berkembang sangat pesat, proses pembelajaran masa kini  sudah  menggunakan media internet, weblog, software dan video tutorial melalaui youtube sebagai media yang efektif  dan efisien di masa pandemi covid 19. Pengabdian kepada masyarakat ini bekerjasama dengan LPK ACA dan Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Yogyakarta dalam melaksanakan kegiatan Pelatihan Pembuatan Aneka Produk Frozen Food. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk memberikan modal awal keterampilan para calon tenaga kerja yang sekarang masih menganggur dan akan memasuki dunia kerja. Dengan keterampilan tersebut diharapkan dapat terserap dan bersaing memasuki dunia kerja dan bisa memulai sebuah usaha. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini antara lain metode presentasi, demonstrasi dan unjuk kerja. LPK ACA  Yogyakarta merupakan tempat pelatihan membuat aneka produk kuliner,  yang bekerja sama dengan dinas tenaga kerja  untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, tujuannya agar para ibu rumah tangga dan remaja putri memiliki ketrampilan untuk membuka usaha aneka produk frozen food  sebagai penghasilan tambahan.

References

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers
Latuheru, JD. (1988). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Masa. Kini.
Mulyana, Deddy. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Noviyanto Tri Suwarno Handoko, Juanengsih Nengsih, Rosyidatun Eny S. (2015). Penggunaan Media Video Animasi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Pendidikan Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Ratna, Nyoman Kutha. (2010). Metodologi Penelitian; Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Sudjana, N & Rivai, A.( 2002). Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Widiyatami, F., Taufik, Y., & Sofyan, H. I. (2016). Optimalisasi Roti Manis Berbasis Tepung Terigu Dan Tepung Mocaf Menggunakan Aplikasi Design Expert Metode D-Optimal. Jurnal Penelitian Tugas Akhir.
Yayat, Ruhiyat. (2012). Efektivitas Penggunaan Media Film Youtube Untuk Meningkatkan Penguasaan Listening Skills Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. UPI Digital Respository.
Published
2021-12-30
How to Cite
Wahyuni, N. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN PELATIHAN KULINER MENGGUNAKAN MEDIA YOUTUBE/VIDEO TUTORIAL BAGI WARGA MASYARAKAT YOGYAKARTA DI LPK ACA. Jurnal Abdimas Akademika, 2(02), 118-129. Retrieved from https://aks-akk.e-journal.id/JAA/article/view/155

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.