EVALUASI MANAJEMEN PENGELOLAAN SEKOLAH DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMKN 6 YOGYAKARTA

  • Mrs Jumariah Akademi Kesejahteraan Sosial AKK Yogyakarta
Keywords: Manajemen Berbasis Sekolah

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada kajian tentang evaluasi manajemen pengelolaan sekolah dalam perspektif Manajemen Berbasis Sekolah serta kajian diarahkan pada upaya mengidentifikasi sejauh mana pengelolaan sekolah di SMKN 6 Yogyakarta dilihat dari sudut pandang MBS. Berdasarkan hasil penelitian, Kinerja pengelolaan sekolah di SMK Negeri 6 Yogyakarta ditinjau dari perspektif MBS dinilai cukup baik. Dilihat berdasarkan indikator : (a) kemampuan sekolah dalam menyediakan tenaga yang berdedikasi tinggi. (b) Kemampuan Sekolah Dalam Menyediakan Sarana-Prasarana Bagi Siswa Secara Memadai Baik Dari Sisi Kuantitas Maupun Kulitas (c) Kemampuan Sekolah dalam melibatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Membantu Mengembangkan dan Meningkatkan Sekolah (d) Kemampuan Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa.

References

Depdiknas. (2001). Manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah. Buku I. Konsep dan Pelaksanaan. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Direktorat SLTP.

E.Mulyasa. (2002). Manajemen berbasis sekolah, konsep, strategi dan implementasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Slamet P.H. (2000). Manajemen berbasis sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Umaedi. (1999). Manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah (sebuah pendekatan baru dalam pengelolaan sekolah untuk peningkatan mutu). www. Ssep.net.

UU RI No. 20 Tahun 2003
Published
2018-08-02
How to Cite
Jumariah, M. (2018). EVALUASI MANAJEMEN PENGELOLAAN SEKOLAH DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMKN 6 YOGYAKARTA. Jurnal Socia Akademika, 4(2), 13-18. Retrieved from https://aks-akk.e-journal.id/jsa/article/view/66

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.