OPTIMALISASI USAHA MELALUI DIGITAL MARKETING DAN APLIKASI PEMBUKUAN DIGITAL DI KELURAHAN PESANTREN KOTA KEDIRI

Authors

  • Ema Nurzainul Hakimah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Samari Samari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Bambang Agus Sumantri Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Diah Ayu Septi Fauzi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ismayantika Dyah Puspasari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nevia Cahyaning Dewi Iskandana Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Teddy Restyono Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sakiya Salma Hamida Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Optimalisasi Usaha, Digital Marketing, Aplikasi, Pembukuan Digital

Abstract

Pengabdian masyarakat ini yang bertujuan untuk mengoptimalkan usaha pada UMKM usaha toko eceran dan buat kue atau catering di kelurahan pesantren kota kediri melalui penerapan strategi pemasaran digital dan penggunaan aplikasi pembukuan digital. Metode pengabdian masyarakat yang digunakan yaitu melibatkan analisis data pasar, implementasi teknik pemasaran online, serta integrasi aplikasi pembukuan digital. Hasil dari pengabdian masyarakat yang dilakukan menunjukkan peningkatan signifikan dalam jangkauan pasar dan efisiensi administrasi. Dengan strategi digital marketing yang terukur dan penggunaan aplikasi pembukuan digital yang tepat, usaha dapat mengalami peningkatan kinerja dan profitabilitas. Simpulan dari kegiatan ini yaitu memberikan pemahaman yang mendalam tentang potensi dan manfaat teknologi digital dalam meningkatkan daya saing usaha.

References

Hakimah, E. (2024). Ethnometodological on Traditional Javanese Retails : Hofste de ’ s Culture Dimensions for Marketing. 5(2), 149–162.
Hakimah, E. N., Aliami, S., & Muslih, B. (2022). The Netnographic Portrait: Competitive Advantages Of Msme’S Retail Business Via “Wag” During Covid-19 Pandemic. Proceeding 2 Nd International Conference on Business & Social Sciences (ICOBUSS), 782–791.
Hakimah, E. N., Thoyib, A., Noermijati, & Wijayanti, R. (2023). Building the Competitiveness of Traditional Retail Supply Chain Management Through the Actualization of Pancasila Values. 903–911. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-008-4_113
Hootsuite, & wearesocial. (2022). Digital 2022 Global Overview Report: essential guide. 1–300. https://wearesocial.com/cn/wp-content/uploads/sites/8/2022/01/DataReportal-GDR002-20220126-Digital-2022-Global-Overview-Report-Essentials-v02.pdf
Rauf, A., Manullang, S. O., Ardiansyah, T. E., Diba, F., Akbar, I., Awaluddin, R., Muniarty, P., & Firmansyah, H. (2021). Digital Marketing : Konsep dan Strategi. In Insania (Issue September).
Sumantri, B. A., Suhardi;, & Samari. (2020). The Innovation Revolution in Business Models. In I. Pratama, Bima Cinintya (Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia) Tubastuvi, Naelati (Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia), Santoso, Suryo Budi (Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia), Fitriati, Azmi (Universitas Muhammadiyah Pur (Ed.), The Innovation Revolution in Business Models in Indonesian Hybrid Organizations (pp. 1–11). Copyright © 2020 EAI. https://doi.org/DOI 10.4108/eai.5-8-2020.2301080
Sumantri, B. A., Suliyanto, S., & Darmawati, D. (2023). Village Unit Cooperatives on Dynamic Capability and Creative Capability Adaptation to Innovation Performance: The Role of Competitive Advantage. Qubahan Academic Journal, 3(4), 245–261. https://doi.org/10.58429/qaj.v3n4a178
Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital Marketing. In N. A. Fransiska (Ed.), Edulitera (Vol. 1, Issue 1). Edulitera (Anggota IKAPI – No. 211/JTI/2019) Imprint PT. Literindo Berkah Karya. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Hakimah, E. N., Samari, S., Sumantri, B. A., Fauzi, D. A. S., Puspasari, I. D., Iskandana, N. C. D., … Hamida, S. S. (2024). OPTIMALISASI USAHA MELALUI DIGITAL MARKETING DAN APLIKASI PEMBUKUAN DIGITAL DI KELURAHAN PESANTREN KOTA KEDIRI. Jurnal Abdimas Akademika, 5(01), 82–91. Retrieved from https://aks-akk.e-journal.id/JAA/article/view/309

Most read articles by the same author(s)