OPTIMALISASI STRATEGI PEMASARAN UNTUK PENGUATAN KELOMPOK UMKM DESA KARANGTALUN KABUPATEN KEDIRI

  • restin meilina Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ema Nurzainul Hakimah
  • Gesty Ernestivita Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Itot Bian Raharjo Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Alif Okky Fadilah Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: Manajemen Pemasaran, Strategi Pemasaran, UMKM, PkM

Abstract

Strategi pemasaran mempunyai peranan penting untuk dapat mencapai keberhasilan suatu usaha baik usaha besar maupun usaha kecil. Sebaik apapun produk yang dihasilkan jika tidak disertai strategi pemasaran yang baik, maka tidak akan mendapatkan hasil yang optimal. Salah satu penyebab lambatnya perkembangan UMKM di Indonesia adalah kurangnya kemampuan atas pemasaran dan promosi. Oleh karena itu, pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini dilakukan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan pada kelompok UMKM desa Karangtalun tentang manajemen pemasaran dan strategi pemasaran agar usaha yang dimiliki semakin kuat dan berkembang sehingga mampu memajukan perekonomian di Indonesia. Pelatihan disertai dengan praktik dan penugasan untuk perumusan strategi pemasaran usaha tiap peserta. Hasil pelatihan dan penugasan menunjukkan peserta mampu memahami materi yang diberikan sehingga memiliki kompetensi meliputi pengetahuan, ketrampilan, dan sikap dalam perumusan strategi pemasaran.

References

Andri, Y. (2019). PENGEMBANGAN UMKM: Pemasaran dan Promosi Masih Jadi Kendala. Bisnis.Com. https://ekonomi.bisnis.com/read/20191213/12/1181057/pengembangan-umkm-pemasaran-dan-promosi-masih-jadi-kendala
Anjayani, R. P., & Febriyanti, I. R. (2020). Analisis Strategi Bauran Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada CV.AAL Printing Banjarmasin. 2(9), 3610–3617.
Chusna, A. (2022). Jumlah usaha mikro di Kota Kediri tumbuh 14,5 persen. Antara Jatim.
Mait, F. H., Lumanauw, B., & Samad, R. (2022). Penjualan Pada Umkm Pabrik Roti Nabila Bakery Manado. Jurnal EMBA, 10(1), 996–1003.
Noorca, D. (2022). Kontribusi Koperasi dan UMKM Untuk Ekonomi Jawa Timur Meningkat. Suarasurabya.Net.
Published
2022-12-31
How to Cite
meilina, restin, Hakimah, E., Ernestivita, G., Raharjo, I., & Fadilah, A. (2022). OPTIMALISASI STRATEGI PEMASARAN UNTUK PENGUATAN KELOMPOK UMKM DESA KARANGTALUN KABUPATEN KEDIRI. Jurnal Abdimas Akademika, 3(02), 110 - 119. Retrieved from https://aks-akk.e-journal.id/JAA/article/view/202

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.