PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENERAPAN AKUNTANSI MANAJEMEN PRODUK DAUR ULANG SAMPAH DI KELURAHAN SUKORAME KOTA KEDIRI

  • Zulistiani Zulistiani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Moch. Wahyu Widodo Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sri Aliami Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Itot Bian Raharjo Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Margareta Shintaro Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: Akuntansi Manajemen, Harga Jual, Break Even Point

Abstract

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan di Kelurahan Sukorame Kota Kediri diikuti oleh para pengurus bank sampah di kelurahan Sukorame. Tujuan kegiatan ini yaitu tentang pemberian pelatihan dan pendampingan materi Akuntansi Manajemen ini terutama untuk materi Penentuan Harga Jual dan Break Even Point (BEP) atau perhitungan titik impas. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah ceramah, praktik, tanya jawab, diskusi, dan pendampingan.  Dari hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa peserta pengabdian 1) mampu memahami dan mempraktekkan perhitungan harga jual yang pas untuk memperoleh keuntungan setiap unit produk yang terjual 2) mampu memahami dan mempraktekkan perhitungan atau perhitungan titik impas untuk menentukan titik penjualan produk itu dalam keadaan impas sehingga para pengurus bank sampah ini mampu membuat keputusan untuk menjual produk yang diatas BEP supaya memperoleh keuntungan sesuai yang ditargetkan.

References

Ika, Ardika. 2010. Akuntansi Manajemen. 1st ed. Semarang: Semarang Univerity Press.
Kardinal. 2014. AKUNTANSI MANAJEMEN ( BAHAN AJAR ) Edisi Rvisi. Palembang: STIE M ulti Data Palmbang.
PermenLH. 2012. “Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 13 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pelaksanaan Reduce, Reuse, Dan Recycle Melalui Bank Sampah.” Peraturan.Go.Id. Retrieved November 29, 2023 (https://peraturan.go.id/id/permenlh-no-13-tahun-2012).
Rosidah, Euis, Medina Almunawaroh, and Rina Marliana. 2018. Akuntansi Manajemen. 1st ed. Bandung: Mujahid Press.
Universal, Sekolah Keluarga. 2020. “Bank Sampah.” Retrieved November 29, 2023 (https://sku.sch.id/bank-sampah/).
Published
2023-12-28
How to Cite
Zulistiani, Z., Widodo, M. W., Aliami, S., Raharjo, I. B., & Shintaro, M. (2023). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENERAPAN AKUNTANSI MANAJEMEN PRODUK DAUR ULANG SAMPAH DI KELURAHAN SUKORAME KOTA KEDIRI. Jurnal Abdimas Akademika, 4(02), 125 - 135. Retrieved from https://aks-akk.e-journal.id/JAA/article/view/261

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.