PELATIHAN MANAJEMEN KEUANGAN DAN PEMBUKUAN SEDERHANA UNTUK PEMBERDAYAAN UMKM DESA KARANGTALUN KABUPATEN KEDIRI

  • Subagyo subagyo Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Moch. Wahyu Widodo Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rino Sardanto Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sigit Wisnu Setya Bhirawa Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dodi Kusuma Hadi Soedjoko Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: Manajemen Keuangan, Pembukuan, UMKM, PkM

Abstract

Manajemen keuangan dan pembukuan merupakan hal penting untuk kelangsungan jangka panjang suatu usaha, khususnya UMKM. Namun banyak UMKM yang belum memahami bahkan menerapkan manajemen keuangan dan pembukuan. Oleh karena itu, pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini dilakukan untuk memberikan pemahaman dan peningkatan keterampilan kelompok UMKM desa Karangtalun tentang penghitungan, pencatatan atau pembukuan dan pengelolaan keuangan bisnis agar usaha yang dimiliki semakin berkembang sehingga berdampak pada peningkatan daya saing dan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan ini dilakukan melalui pelatihan dan pendampingan diawali dengan survey kepada peserta pelatihan yang menunjukkan bahwa sebagian besar pemilik UMKM belum melakukan penghitungan dan pencatatan keuangan, bahkan belum memahami aset usaha serta belum memisahkan aset usaha dengan aset pribadi.  Pelatihan dilakukan dengan memberikan worksheet untuk pencatatan dan penghitungan keuangan usaha tiap peserta. Hasil pelatihan diharapkan dapat meningkatkan keterampilan pengelolaan keuangan usaha dengan lebih baik. Dari hasil penghitungan dan pencatatan yang tepat, setiap pemilik usaha dapat menentukan harga jual, rencana investasi dan penambahan sumber dana yang tepat sehingga diharapkan berdampak pada peningkatan pendapatan dan perkembangan usaha menjadi lebih maju.

References

Andarsari, P., & Dura, J. (2018). IMPLEMENTASI PENCATATAN KEUANGAN PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH (Studi pada Sentra Industri Kripik Tempe Sanan di Kota Malang). Jurnal JIBEKA, 12(1), 59–65. https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jibeka/article/download/16/10/
Mukoffi, A., & Sulistiyowati, Y. (2019). The Role of Financial Accounting Standards for Small And Medium Micro Economic Sectors: Case Studies In Lowokwaru District, Malang. International Journal of Research in Business and Social Science (2147- 4478), 8(3), 17–23.
Nilasari, B. M., Anggraini, S. I., Alisa, I. A., & Risqiani, R. (2021). Pelatihan Pembukuan Bagi Pelaku UMKM Yang Tergabung Dalam Forum UMKM IKM Kecamatan Tajur Halang Bogor. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMIN), 3(1), 96–102.
Paramasivan, & Pranamdhar. (2021). Financial management. Indian Academic Researchers Association, 9(Desember).
Published
2022-12-31
How to Cite
subagyo, S., Widodo, M., Sardanto, R., Bhirawa, S., & Soedjoko, D. (2022). PELATIHAN MANAJEMEN KEUANGAN DAN PEMBUKUAN SEDERHANA UNTUK PEMBERDAYAAN UMKM DESA KARANGTALUN KABUPATEN KEDIRI. Jurnal Abdimas Akademika, 3(02), 136 - 144. Retrieved from https://aks-akk.e-journal.id/JAA/article/view/192

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.