PELATIHAN PEMASARAN BERBASIS SOSIAL MEDIA PADA IBU-IBU PKK KELURAHAN JAGALAN KOTA KEDIRI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN

Authors

  • rino sardanto Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Khoiriyah Khoiriyah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dodi Kusuma Hadi Soedjoko Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Edy Djoko Soeprajitno Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sigit Ratnanto Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Andi Fajar Trimurti Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Digital Marketing, Media Sosial, Peningkatan Penjualan

Abstract

Pemasaran digital dinilai efisien dan efektif untuk menghadapi persaingan produk lokal dan internasional. Saat ini, yang paling populer adalah pemasaran digital di sosial media khususnya. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada UMKM sehingga diharapkan dapat menguasai teknik pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan dan citra produk. Teknik-teknik ini termasuk pemasaran konten, otomatisasi konten, dan pemasaran e-commerce. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah metode ceramah, praktik, dan penugasan. Kegiatan ini dilaksanakan pada 23 Februari 2024. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah anggota PKK telah mulai mempelajari pemasaran digital secara mandiri, tanpa bergantung pada bantuan terus-menerus dari sekelompok orang yang berdedikasi. pelatihan pemasaran digital telah mampu mendorong anggota komunitas untuk berpartisipasi secara proaktif dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis. Hasil ini menunjukkan bahwa tindakan yang diambil dalam pelatihan pemasaran digital memiliki dampak yang signifikan pada bisnis mereka.

References

Afrilia, A.M. (2018) ‘Digital Marketingsebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Waroenk Ora Umum” Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen’, Jurkom, Riset Komunikasi, 1(1).
Rahmah, Azizah; Nawawi, Z.M. (2022) ‘Peran Digital Marketing bagi Pelaku UMKM di Kota Medan’, Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM), 2(1).
Wahyudi, R., Riyanto, A.D. and Berlilana (2019) ‘Pelatihan Aplikasi Teknis Pengembangan Online Marketing Bagi Ukm Se-Balingmascakeb’, Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM, 1(1).
Widiawati, A.M., Pratiwi, A.A. and Bimandra, G. (2019) ‘Pelatihan Digital Marketing Strategy Untuk Mencapai Kemandirian Masyarakat’, Dinamisia - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

sardanto, rino, Khoiriyah, K., Soedjoko, D. K. H., Soeprajitno, E. D., Ratnanto, S., & Trimurti, A. F. (2024). PELATIHAN PEMASARAN BERBASIS SOSIAL MEDIA PADA IBU-IBU PKK KELURAHAN JAGALAN KOTA KEDIRI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN. Jurnal Abdimas Akademika, 5(01), 73–81. Retrieved from https://aks-akk.e-journal.id/JAA/article/view/305