PENGEMBANGAN UMKM TAS BELACU MELALUI VARIASI DESAIN PRODUK DAN KOMBINASI BAHAN

  • Agoestin Kemalawati AKS-AKK
Keywords: UMKM, Tas blacu, Kerajinan

Abstract

Pandemi covid 19 memberikan dampak yang luar biasa, terutama pada sektor UMKM. Upaya pemulihan UMKM karena dampak pandemi perlu didukung. Salah satu bentuk dukungan dengan mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan upaya pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah produk tas belacu agar dapat meningkatkan daya saing sebagai produk souvenir yang diminati para konsumen melalui pengembangan desain dan kombinasi bahan. Bentuk kegiatan ini adalah pelatihan dan pendampingan. Desain tas blacu yang diajukan pada kegiatan ini diterima oleh peserta dan tidak ada kesulitan yang berarti untuk diaplikasikan dalam bentuk tas jadi.

References

Azany, F. (2014). Analisis pengaruh Desain Produk, Motivasi Konsumen dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Bellagio. 1-77.

Kemenpanrekraf Republik Indonesia. (2021). Tren Pariwisata Indonesia di Tengah Pandemi https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Tren-Pariwisata-Indonesia-di-Tengah-Pandemi diakses pada 25 desember 2021 pukul 11.22 wib.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Yuliantoro, N. (2020). Pengembangan Ketrampilan dengan Pelatihan Memasak Aneka Hidangan Ikan Gurame pada kelompok Ekstra Kurikuler Tata Boga Siswa SMA Permai Pluit Jakarta. Abdimas Pariwisata, 1 (No.1), 17-25.

Sumiati, S., & Nugroho, R. (2018). Pengolahan Kerajinan Tas Belacu Menggunakan Cat Akrilik untuk Menumbuhkan Kreativitas Masyarakat dalam Berwirausaha. Jurnal Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa, 1(2).
Published
2021-12-30
How to Cite
Kemalawati, A. (2021). PENGEMBANGAN UMKM TAS BELACU MELALUI VARIASI DESAIN PRODUK DAN KOMBINASI BAHAN. Jurnal Abdimas Akademika, 2(02), 140-145. Retrieved from https://aks-akk.e-journal.id/JAA/article/view/143

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.