PENATAAN RUANG UNTUK RUMAH TINGGAL

  • Agoestin Kemalawati AKS-AKK
Keywords: Penataan Ruang, Rumah Tinggal, Komunitas Kain & Kebaya Indonesia (KKI)

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang penataan ruang. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan panggal 5 Mei 2020 pada pukul 15.30 WIB yang diikuti oleh anggota Komunitas Kain & Kebaya Indonesia cabang Malang. Metode yang digunakan penyuluhan dengan ceramah secara daring. Rumah yang difungsikan sebagai hunian terdiri dari ruang public, ruang privat, service. Pola tatanan ruang rumah tinggal seharusnya sebuah ruang yang memiliki manfaat dan dapat digunakan secara maksimal yang memperhatikan unsur estetika dan keindahannya dengan memegang prinsip dekoratif, prinsip kenyamanan dan kesehatan bagi penghuninya. Pola tata ruang dipengaruhi oleh aktivitas dan karakter penghuni rumah sehingga akan mempengaruhi pembagian ruang, pemilihan warna, pemilihan perabot, lenan dan hiasan, penerangan dan tema penataan. Disamping itu pola tatanan ruang juga dipengaruhi oleh status ekonomi, kepribadian, selera, hobby, penghargaan sesuatu benda

References

Amri, N., Imriyanti dan Ishak, R. A. (2014). Pola Tatanan Raung Rumah Tinggal Di Perkotaan Sesuai Dengan Prinsip Islam. Jurusan teknik Arsitektur Universitas Hasanuddin Makasar.

Ching Francis, D. K. (1999). Arsitektur: Bentuk Ruang dan Susunannya. Cetakan ketujuh. Erlangga. Jakarta.

Feldmen, Edmund Burke. (1967). Art as Image and Idea. Prentice Hall Inc. Eglewood Cliffs, New Jersey.

Firstant, Anddys dan Hidayat, Ade, (2010) Inspirasi Rumah Islami, edisi pertama, Transmedia Pustaka, Jakarta.

Putra, Y. M., Djamal, E. C., & Komarudin, A. (2015). Optimalisasi Tata Letak Ruangan Untuk Rumah Tinggal Mengggunakan Algoritma Genetika. Paper presented at the Seminar Nasional IPTEK Jenderal Achmad Yani.
Published
2021-06-28
How to Cite
Kemalawati, A. (2021). PENATAAN RUANG UNTUK RUMAH TINGGAL. Jurnal Abdimas Akademika, 2(01), 20-26. Retrieved from https://aks-akk.e-journal.id/JAA/article/view/123

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.