KOMBINASI MULTI FAKTOR DALAM PEMILIHAN BUSANA

  • Yosephine Flori Setiarini Akademi Kesejahteraan Sosial AKK Yogyakarta
Keywords: Pemilihan Busana

Abstract

Busana merupakan salah satu kebutuhan pokok hidup manusia disamping pangan dan papan. Busana dimaksud tidak hanya sekedar sehelai kain yang melekat di badan, tetapi juga meliputi pelengkap lainnya seperti tas, sepatu, topi, kacamata, ikat pinggang, cincin, giwang, dan sebagainya di samping tata rias wajah dan tata rias rambut. Fungsi berbusana di sini tidak hanya menutupi dan melindungi tubuh dari hawa dingin serta sengatan panas matahari, tetapi juga untuk memperindah yang memakainya dan menutupi kekurangan tubuh, menonjolkan kelebihan yang dimiliki seseorang, serta untuk menampilkan kesan tertentu dari pemakainya. Secara garis besar faktor-faktor yang mempengaruhi cara berbusana seseorang dapat digolongkan menjadi dua, yaitu: faktor internal dan faktor eksternal. Busana yang serasi dan menyenangkan bagi pemakainya tidak semata-mata ditentukan oleh bahan yang mahal dan mewah, tetapi tergantung pada kombinasi yang serasi dan harmonis dari berbagai aspek atau faktor yang mempengaruhinya. Tingkat kepuasan dan keserasian dalam berbusana dipengaruhi dan ditentukan oleh kombinasi banyak faktor yang tak terpisahkan satu dari lainnya. Kombinasi dari beberapa faktor baik faktor internal maupun eksternal sangat berpengaruh dalam pemilihan busana seseorang atau sekelompok orang.

References

Aswiana. 2005. Pengaruh Pemilihan Warna Busana pada Penampilan Fisik Seseorang. Yogyakarta: Skripta No.1 Oktober 2005
Ernawati, dkk. 2008. Tata Busana untuk Sekolah Menengah Kejuruan Jilid 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
Goet Poespo, 2000. Teknik Menggambar Mode Busana. Yogyakarta: Kanisius.
Hadiyati. 2005. Pengaruh Tipologi Mahasiswa AKS Tarakanita Usia 1824 tahun terhadap Pemilihan Desain Busana. Yogyakarta: Skripta No.1 Oktober 2005.
Herawati. 2003. Pertimbangan dalam Pemilihan Busana. Yogyakarta: Skripta Volume 1 No.1 Januari 2003
Jalins dan Ita A. Mamdy, 2001. Unsur-unsur Pokok dalam Seni Pakaian. Jakarta: Miswar
Setiarini, 2017. Modifikasi Konstruksi Pola untuk Menghasilkan Kualitas Fitting Busana Wanita yang Prima. Yogyakarta: Socia Academika Volume 4 No.2 November 2017.
Yumastuti. 2003. Persepsi Karyawati AKS Tarakanita Yogyakarta terhadap Pemilihan Busana Kerja dari Bahan Jumputan. Yogyakarta: Skripta Volume 1 No.1 Januari 2003
Published
2018-08-02
How to Cite
Setiarini, Y. (2018). KOMBINASI MULTI FAKTOR DALAM PEMILIHAN BUSANA. Jurnal Socia Akademika, 4(2), 19-29. Retrieved from https://aks-akk.e-journal.id/jsa/article/view/67

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.