PELATIHAN MEMBUAT ECOPRINT DI MEDIA TAS KAIN DENGAN TEKNIK POUNDING DI WILAYAH PERUMNAS CONDONGCATUR YOGYAKARTA

  • Sri Purwani Akademi Kesejahteraan Sosial AKK Yogyakarta
Keywords: Pelatihan, Ecoprint, Media Tas Kain, Teknik Pounding

Abstract

Pelatihan Membuat Ecoprint Di Media Tas Kain yang penyelenggaranya IFP Alumni Awards Institute Of International Education (IIE) Tanggal 16 Juli 2023 ini bertujuan untuk 1) memberikan ketrampilan kepada masyarakat khususnya di wilayah  PKK Rt 09 Rw 17 Perumnas Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. 2)  masyarakat peserta pelatihan dapat memanfaatkan dedaunan dan bunga yang ada di sekitar rumahnya sebagai bahan untuk ornamen tote bag ataupun benda lainya. 3) pengalaman dari pelatihan dapat untuk mengesi waktu luang warga menjadi lebih produktif. Metode yang digunakan adalah ceramah, demonstrasi, diskusi, pendampingan. Pelatihan ini dilaksanakan pada 16 Juli 2023 dengan jumlah peserta 30 orang dan dengan waktu 5 jpl.  materi dijelaskan dengan metode ceramah sertaya ditunjukan contoh dan median peserta mengerjakan masing-masing dalam kelmpoknya.  Hasil dari pada pelatihan pelatihan membuat ecoprint di media tas kain ini. Teknik ecoprint yang digunakan adalah dengan teknik pounding ( diketuk-ketuk dengan palu). Hasil akhirnya adalah tote bag dengan motif deaunan dan bunga. Rekomendasi pelatihan selanjutnya adalah  dengan tema ecoprint dengan steam dasar atau dengan teknik tanpa blanket dan teknik blanket.

References

Inovasi Produk Eco print Sebagai Potensi Pengembangan UMKM. (n.d.). KKN PPM UGM UNIT YO-293. https://sendangsari.bantulkab.go.id/assets/files/dokumen/BOOKLETECOPRINTING.pdf

Maharani, A. (2018). MOTIF DAN PEWARNAAN TEKSTIL DI HOME INDUSTRY KAINE ART FABRIC “ECOPRINT NATURAL DYE”. https://eprints.uny.ac.id/57613/1/skripsi%20full.pdf

Nining Irianingsih. (2018). ECO PRINT MOTIF KAIN DARI DAUN DAN BUNGA. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Octariza, S., & Mutmaina, S. (2021). PENERAPAN ECOPRINT MENGGUNAKAN TEKNIK POUNDING PADA ANAK SANGGAR ALANG-ALANG, SURABAYA. Jurnal Seri Rupa, 9(2), 308-317. http:/e/journal.unesa.ac.id/index.php.

Sri Purwani, ( 2023) ECOPRINT PADA KULIT DOMBA DENGAN WARNA PEWARNA ALAMI TEGERAN, TINGI, DAN SECANG. Jurnal Socia Akademika Volume 9, NO. 1, 20 Juni 2023.

Steffanie Nurliana1*, Wiryono2, Hery Haryanto3, Syarifuddin4. PELATIHAN ECOPRINT TEKNIK POUNDING BAGI GURU-GURU PAUD HAQIQI DI KOTA BENGKULU. Dharma Raflesia Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS Vol. 19, No. 02, Desember, 2021, pp. 262 – 271 DOI : 10.33369/dr.v19i2.17789.
Published
2023-12-28
How to Cite
Purwani, S. (2023). PELATIHAN MEMBUAT ECOPRINT DI MEDIA TAS KAIN DENGAN TEKNIK POUNDING DI WILAYAH PERUMNAS CONDONGCATUR YOGYAKARTA. Jurnal Abdimas Akademika, 4(02), 136 - 143. Retrieved from https://aks-akk.e-journal.id/JAA/article/view/259

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.