ETIKA DAN ESTETIKA BERBUSANA IBU-IBU PKK KECAMATAN DANUREJAN KOTA YOGYAKARTA

  • Ms Jumariah Akademi Kesejahteraan Sosial AKK Yogyakarta
Keywords: Pengetahuan, Etika berbusana, Estetika berbusana

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan Etika dan Estetika Berbusana dalam menunjang penampilan Ibu-ibu Kader PKK Kecamatan Danurejan Kota  Yogyakarta, yang dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2021 dengan jumlah peserta 84 yang terdiri dari kader PKK . Metode yang digunakan ceramah  dalam  menyampaikan materi secara lisan kepada peserta tentang pengetahuan Etika dan Estetika Berbusana. Etika berbusana ilmu yang mempelajari tentang tentang bagaimana sesorang dapat mengambil sikap dalam berbusana  mengenai model busana, warna, bahan serta ukuran serta  berbusana sesuai dengan kesempatan ,kepribadian dan kualitas moral sesuai dengan norma yang ada. Estetika Berbusana  ilmu yang mempelajari tentang  cara untuk menutupi kekurangan pada bentuk tubuh seseorang yang kurang ideal serta penerapan nilai dalam berbusana dengan memperhatikan syarat-syarat keindahan,  . Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan Etika dan Estetika Berbusana kepada Ibu-ibu kader PKK untuk bisa tampil lebih percaya diri, menarik ,luwes, anggun dalam penampilannya.

References

A. Riyanto,Afifah, 2003.Teori Busana Bandung : Yapemdo
Ma’arif,Zaenal, 2007. Komunikasi Etika dan Hubungan Antar Manusia, Semarang : CV. Duta Nursindo
Poedjawiyatna,2003.Etika Filsafat Tingkah Laku, Jakarta :Rineka Cipta
Priadi,2008. Etika dan Tanggung Jawab, Jakarta : Sinar Grafika
Rostamaillis,2005.Berbusana Yang Serasi, Jakarta : Rineka Cipta
Salam,Burhanuddin.200.Etika Individual,Jakarta : Rineka Cipta
Sumarlin,dkk 1992,Etika dan Estetika Berbusana, Bandung : Sarijadi
Published
2022-12-31
How to Cite
Jumariah, M. (2022). ETIKA DAN ESTETIKA BERBUSANA IBU-IBU PKK KECAMATAN DANUREJAN KOTA YOGYAKARTA. Jurnal Abdimas Akademika, 3(02), 175 - 183. Retrieved from https://aks-akk.e-journal.id/JAA/article/view/216

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.