MAKE A TUTORIAL VIDEO SEBAGAI BENTUK PENUGASAN MAHASISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN VOKASI

  • Wahyu eka priana sukmawaty Akademi Kesejahteraan Sosial AKK Yogyakarta
Keywords: Make a Tutorial Video, Pembelajaran Vokasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemberian tugas “make a tutorial video” terhadap mahasiswa semester II pada pokok bahasan perkembangan busana kuno Mata kuliah Sejarah Perkembangan Busana Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yakni mahasiswa semester II Prodi Tata Busana AKS-AKK Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menyatakan tingkat keterserapan pokok bahasan perkembangan busana kuno yakni sebesar 89% dan dan pengaruh pemberian tugas “make a tutorial video” yakni sebesar 93%. Sehingga dapat dikatakan metode pembelajaran yang digunakan sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa, terutama pada mata kuliah teori

References

................. , 2016. Buku panduan Teknologi Pembelajaran Vokasi. Jakarta: Kemristekdikti Moh. Alim Zaman. 2001. Kostum Barat dari Masa ke Masa. Jakarta: Meutia Saran Sri Wisdiati. 1993. Sejarah Perkembangan Mode Busana. Yogyakarta: FPTK IKIP Yogyakarta Sugiyono. 2010 . Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suharsimi Arikunto. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Published
2019-05-19
How to Cite
sukmawaty, W. eka. (2019). MAKE A TUTORIAL VIDEO SEBAGAI BENTUK PENUGASAN MAHASISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN VOKASI. Jurnal Socia Akademika, 5(1), 38-43. Retrieved from https://aks-akk.e-journal.id/jsa/article/view/76

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.