MAKE A TUTORIAL VIDEO SEBAGAI BENTUK PENUGASAN MAHASISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN VOKASI

Authors

  • Wahyu eka priana sukmawaty Akademi Kesejahteraan Sosial AKK Yogyakarta

Keywords:

Make a Tutorial Video, Pembelajaran Vokasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemberian tugas “make a tutorial video” terhadap mahasiswa semester II pada pokok bahasan perkembangan busana kuno Mata kuliah Sejarah Perkembangan Busana Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yakni mahasiswa semester II Prodi Tata Busana AKS-AKK Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menyatakan tingkat keterserapan pokok bahasan perkembangan busana kuno yakni sebesar 89% dan dan pengaruh pemberian tugas “make a tutorial video” yakni sebesar 93%. Sehingga dapat dikatakan metode pembelajaran yang digunakan sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa, terutama pada mata kuliah teori

References

................. , 2016. Buku panduan Teknologi Pembelajaran Vokasi. Jakarta: Kemristekdikti Moh. Alim Zaman. 2001. Kostum Barat dari Masa ke Masa. Jakarta: Meutia Saran Sri Wisdiati. 1993. Sejarah Perkembangan Mode Busana. Yogyakarta: FPTK IKIP Yogyakarta Sugiyono. 2010 . Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suharsimi Arikunto. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2019-05-19

How to Cite

sukmawaty, W. eka priana. (2019). MAKE A TUTORIAL VIDEO SEBAGAI BENTUK PENUGASAN MAHASISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN VOKASI. Jurnal Socia Akademika, 5(1), 38–43. Retrieved from https://aks-akk.e-journal.id/jsa/article/view/76