PENERAPAN MACROMEDIA DREAMWEVER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TATA BUSANA PADA KOMPETENSI DASAR MEMILIH BAHAN PELAPIS BUSANA DI SMK MUH. GAMPING

Authors

  • Wahyu eka priana sukmawaty Akademi Kesejahteraan Sosial AKK Yogyakarta

Keywords:

Macromedia Dreamweaver, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1)Untuk mengetahui seberapa besar macromedia dreamweaver dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Tata Busana pada kompetensi dasar memilih bahan pelapis busana di SMK Muh. Gamping, (2) Untuk mengembangkan bentuk media pembelajaran kompetensi dasar memilih bahan pelapis busana untuk kelas X Tata Busana di SMK Muh. Gamping yang bisa meningkatkan hasil belajar siswa Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Pendidikan dan pengembangan (R & D).alam penelitian ini yang menjadi objek peneliti adalah media Macromedia Dreamweaver dan yang menjadi populasi dan sampel penelitian adalah Siswa Tata Busana kelas X SMK Muh.Gamping. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu studi pustaka, pembuatan Macromedia Dreamweaver, validasi Macromedia Dreamweaver, dan uji coba produk Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan dalam penelitian ini, maka dapat diambil kesimpulan yakni: (1)Ada kenaikan nilai rata-rata siswa kelas X Tata Busana yaitu sebesar 42,8125 untuk kompetensi dasar memilih bahan pelapis busana melalui penerapan macromedia dreamwever; (2) Bentuk media pembelajaran kompetensi dasar memilih bahan pelapis busana untuk kelas X Tata Busana di SMK Muh. Gamping yang bisa meningkatkan hasil belajar siswa yaitu macromedia dreamwever

References

Badudu Zain. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : PT. Inter Grafika.
Bunafit Nugroho. 2004. Perancangan Web Dengan Fireworks dan Dreamwever MX. Yogyakarta: Gava Media
I Gede Rasagama. 2004. Memahami Implementasi Educational Research And Development. Disampaikan dalam
Kegiatan Pelatihan Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Dosen Unit Pelayanan Mata Kuliah Umum dan Unit Lainnya di Politeknik Negeri Bandung

Sugiyono. 2010 . Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Sunarto. (2009). Pengertian Prestasi Belajar. Diakses dari http://sunartombs.wordpress.com/2009/0 1/05/pengertian-prestasi-belajar/Pada hari Senin, 4 November 2013 pukul 14.00 WIB

Downloads

Published

2018-08-02

How to Cite

sukmawaty, W. eka priana. (2018). PENERAPAN MACROMEDIA DREAMWEVER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TATA BUSANA PADA KOMPETENSI DASAR MEMILIH BAHAN PELAPIS BUSANA DI SMK MUH. GAMPING. Jurnal Socia Akademika, 4(2), 40–45. Retrieved from https://aks-akk.e-journal.id/jsa/article/view/69