EVALUASI PROGRAM PKK LKP MANDIRI MELALUI UJI KOMPETENSI TATA BUSANA PADA TUK ISMIA KARANGANYAR, JAWA TENGAH

Authors

  • Yosephine Flori Setiarini AKS-AKK Yogyakarta

Keywords:

Evaluasi Program, Program PKK, LKP, Uji kompetensi, TUK., Program Evaluation, PKK Program, LKP, Competency Test, TUK.

Abstract

ABSTRAK

 

Evaluasi program ini bertujuan untuk mengetahui kualitas program pelatihan keterampilan Tata Busana yang diselenggarakan oleh LKP Mandiri dengan mengakses program PKK sesuai dengan Standar Kelulusan yang ditargetkan Pemerintah. Evaluasi program ini dilaksanakan melalui Uji Kompetensi Tata Busana yang diselenggarakan LSK Tata Busana pada TUK ISMIA Karanganyar, Jawa Tengah. Metode yang digunakan adalah observasi, penilaian, dan dokumentasi. Evaluasi program PKK melalui Uji kompetensi Tata busana ini menggunakan Rubrik Penilaian yang diterbitkan oleh LSK Tata Busana edisi Revisi 8 September 2020. Peserta uji kompetensi sejumlah 60 orang dengan materi ujian praktik selama 5 jam. Unit kompetensi yang diujikan yaitu: (1) Mampu melakukan pekerjaan menjahit busana dengan alat jahit tangan dan mesin jahit mono fungsi sesuai standar menjahit, (2) Mampu mempresentasikan hasil busana yang telah dijahit sesuai dengan keinginan pelanggan dengan rapi melalui proses penyetrikaan, pelipatan dan pengepakan, dan (3) Mampu melakukan pekerjaan menjahit busana dan pemeliharaan alat jahit dengan menerapkan prinsip kesehatan dan keselamatan kerja (K3) dalam lingkungan kerja. Hasil Uji Kompetensi terdapat 50 orang dinyatakan kompeten dan 10 orang dinyatakan tidak kompeten. Dengan demikian 83% peserta dinyatakan Kompeten dalam Uji Kompetensi sehingga target pelaksanaan program PKK minimal 70 % dari peserta program PKK kompeten dapat terwujud.

 

Kata kunci: Evaluasi Program, Program PKK, LKP, Uji kompetensi, TUK.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

               The evaluation of this program aims to determine the quality of the Dressmaking skills training program organized by LKP Mandiri by accessing the PKK program in accordance with the graduation standards targeted by the Government. The evaluation of this program is carried out through the Fashion Design Competency Test held by the LSK for Dressmaking at TUK ISMIA Karanganyar, Central Java. The methods used are observation, assessment, and documentation. The evaluation of the PKK program through the Dressmaking competency test uses the Assessment Rubric published by the Revised edition of the Fashion Design LSK on September 8 2020. The competency units tested are: (1) Able to carry out clothing sewing work with hand sewing tools and a mono function sewing machine according to sewing standards, (2) Able to present the results of clothes that have been sewn according to customer wishes neatly through the ironing, folding and packing processes , and (3) Able to perform clothing sewing and maintenance of sewing tools by applying the principles of occupational health and safety (K3) in the work environment. Results of the Competency Test, there were 50 people declared competent and 10 people declared incompetent. Thus 83% of participants were declared Competent in the Competency Test so that the PKK program implementation target of at least 70% of competent PKK program participants could be realized. Keywords: Program Evaluation, PKK Program, LKP, Competency Test, TUK.

References

Anddy Abdullah. (2019). Upaya Pengelola LKP Andi Jaya dalam Meningkatkan Lulusan melalui Program Kecakapan Kerja. Jurnal Comm-Edu. ISSN : 2615-1480 p-ISSN : 2622-5492 Volume 2 Nomor 1, Januari 2019.
Djemari Mardapi (2003). Desain dan Penilaian Pembelajaran Mahasiswa. Makalah disajikan dalam Lokakarya Sistem Penjaminan Mutu Proses Pembelajaran, tanggal 19 Juni 2003 di Universitas Gajah Mada Yogyakarta
Kemendikbud. (2020). Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Direktorat Kursus dan Pelatihan. Petunjuk Teknis Bantuan Pemerintah Program Pendidikan Kecakapan Kerja Tahun 2020 PERATURAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN VOKASI NOMOR 01 TAHUN 2020
LSK Tata Busana. (2020). Rubrik dan Penilaian Uji kompetensi Tata Busana Level 2, Jakarta: LSK-TB.
LSK Tata Busana. (2020). Skoring Penilaian Uji kompetensi Tata Busana, Jakarta: LSK-TB.
Sudrajat, A. (2008). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suharsimi dan Abdul Jabar. (2009). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis bagi mahasiswa dan praktisi Pendidikan, Edisi kedua, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sukardi. (2008). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya, Jakarta: Bumi Aksara.
Wijiningsih. (2015). Peningkatan Kualitas Perkuliahan Teknik Draping Berbantuan Video melalui Evaluasi Program, Prosiding Seminar Nasional “Pengembangan SDM Kreatif dan Inovatif untuk mewujudkan Generasi Emas Indonesia Berdaya Saing Global” Pendidikan Teknik Boga dan Busana Volume 10 tahun 2015, Jurusan PTBB FT UNY, 25 Oktober 2015.
http://smamda.net/penilaian-hasil-belajar diakses 19 September 2017.
http://repositori.kemdikbud.go.id/646/1/0601140533PENGUJI.pdf

Downloads

Published

2020-12-25

How to Cite

Setiarini, Y. F. (2020). EVALUASI PROGRAM PKK LKP MANDIRI MELALUI UJI KOMPETENSI TATA BUSANA PADA TUK ISMIA KARANGANYAR, JAWA TENGAH. Jurnal Abdimas Akademika, 1(02), 75–88. Retrieved from https://aks-akk.e-journal.id/JAA/article/view/86