PENAYANGAN DAN DISKUSI FILM BERNILAI EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI PADA ANAK ASUHAN YAYASANAMANAH MULIA YATIM

Authors

  • Handini Rahmawati Politeknik Negeri Media Kreatif
  • Rizki Akbar Mustopa Politeknik Media Kreatif

Keywords:

Film Pendek, Literasi Media, Pendidikan karakter, edukasi

Abstract

ABSTRAK

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan oleh UKM Cinemamedia Politeknik Negeri Media Kreatif di Yayasan Amanah Mulia Yatim dengan tujuan mengenalkan nilai kejujuran dan literasi media kepada anak-anak melalui pendekatan yang menyenangkan. Kegiatan diawali dengan berbagai permainan interaktif untuk membangun suasana, kemudian dilanjutkan dengan pemutaran film pendek bertema kejujuran dan diskusi bersama. Anak-anak diajak untuk memahami pesan moral dalam film serta mulai diperkenalkan pada konsep dasar literasi media seperti mengenali pesan, tokoh, dan tujuan dari sebuah tayangan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pendekatan audio-visual efektif dalam membangun pemahaman nilai dan mendorong berpikir kritis anak-anak terhadap media yang mereka konsumsi. Kegiatan ini menjadi langkah awal dalam membentuk karakter dan kesadaran media sejak usia dini.

Kata kunci: Pengabdian masyarakat, literasi media, kejujuran, film pendek, pendidikan karakter.

ABSTRACT

This Community Service activity was conducted by the Cinemamedia Student Activity Unit of the Politeknik Negeri Media Kreatif at the Amanah Mulia Yatim Foundation, aiming to introduce the values of honesty and media literacy to children through an engaging and interactive approach. The program began with various games to build a positive atmosphere, followed by the screening of a short film themed around honesty and a group discussion. Children were encouraged to reflect on the moral messages presented in the film and were introduced to basic media literacy concepts, such as identifying messages, characters, and the purpose of media content. The results show that audio-visual methods are effective in helping children understand moral values and begin to think critically about the media they consume. This activity serves as an initial step in shaping children's character and media awareness from an early age.

Keywords: Community service, media literacy, honesty, short film, character education

References

Anderson, C. A., & Dill, K. E. (2000). Video games and aggressive thoughts, feelings, and behavior in the laboratory and in life. Journal of Personality and Social Psychology, 78(4), 772-790.

Aufderheide, P. (1993). Media Literacy: From A to Z. The Center for Media Literacy.

Buckingham, D. (2003). Media Education: Literacy, Learning, and Contemporary Culture. Polity Press.

Masceli, Joseph V. 1950. The Five C’S Of Cinematography. Los Angels: Silman-James Press.

Pratista, Himawan. 2008. Memamhami Film. Yogyakarta: Homerian Pustaka.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Handini Rahmawati, & Mustopa, R. A. (2025). PENAYANGAN DAN DISKUSI FILM BERNILAI EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI PADA ANAK ASUHAN YAYASANAMANAH MULIA YATIM. Jurnal Abdimas Akademika, 6(01), 143–155. Retrieved from https://aks-akk.e-journal.id/JAA/article/view/376