The REVITALISASI TAPE WONOJOYO: TRANSFORMASI KUALITAS DAN PEMASARAN MELALUI INOVASI KEMASAN DENGAN RE_BRANDING DI ERA INDUSTRI 4.0"

TRANSFORMASI KUALITAS DAN PEMASARAN MELALUI INOVASI KEMASAN DENGAN RE_BRANDING DI ERA INDUSTRI 4.0

Authors

  • ema hakimah universitas nusantara pgri kediri

Keywords:

Digital Marketing, Pelatihan, inovasi produk pisang, nilai jual

Abstract

Penelitian dan pengabdian yang bertujuan untuk mengoptimalkan usaha pada UMKM tape Wonojoyo Kabupaten Kediri yang belum optimal dalam aspek produksi dan pemasaran, dengan peningkatan kualitas SDM UMKM bidang teknologi pengolahan (revitalisasi produksi dan tata kelola bisnis), kemasan, re_branding, dan digital marketing.  Terdapat empat permasalahan utama yaitu  pengemasan, membangun merek baru, belum memahami manajemen bisnis (perizinan produk makanan), dan pemasaran digital. Metode pendekatan masyarakat yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) dengan melalui hand-on agar masyarakat dapat berpartisipasi secara langsung. Pemasaran dan re_branding pada era revolusi industri 4.0 untuk meningkatkan revenue produk tape dan olahan. Dengan strategi digital marketing yang terukur yang tepat, usaha dapat mengalami peningkatan kinerja dan profitabilitas. Penelitian ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang potensi dan manfaat teknologi digital dalam meningkatkan daya saing usaha.

References

Akademika, A., Meilina, R., Hakimah, E. N., Ernestivita, G., Raharjo, I. B., Okky, A., & Pemasaran, S. (2022). OPTIMALISASI STRATEGI PEMASARAN UNTUK PENGUATAN. 3(02), 110–119.

Hakimah, E. N., Aliami, S., & Muslih, B. (2022). THE NETNOGRAPHIC PORTRAIT: COMPETITIVE ADVANTAGES OF MSME’S RETAIL BUSINESS VIA “WAG” DURING COVID-19 PANDEMIC. Proceeding 2 Nd International Conference on Business & Social Sciences (ICOBUSS), 782–791.

Hakimah, E. N., Thoyib, A., Noermijati, A., & Wijayanti, R. (2023). Building the Competitiveness of Traditional Retail Supply Chain Management Through the Actualization of Pancasila Values ( Empirical Evidence of Traditional Javanese Retail in Kediri , East. Atlantis Press International BV. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-008-4

Kasali, R. (1999). Membidik Pasar Indonesia, Segmentasi, Targeting, Positioning. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ramadhan, M. M., & Hakimah, E. N. (2022). Analisis Pengaruh Inovasi Produk , Brand Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Kaos Gaplek Kediri. 3(2), 585–593.

Rauf, A., Manullang, S. O., Ardiansyah, T. E., Diba, F., Akbar, I., Awaluddin, R., Muniarty, P., & Firmansyah, H. (2021). Digital Marketing : Konsep dan Strategi. In Insania (Issue September).

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

hakimah, ema. (2024). The REVITALISASI TAPE WONOJOYO: TRANSFORMASI KUALITAS DAN PEMASARAN MELALUI INOVASI KEMASAN DENGAN RE_BRANDING DI ERA INDUSTRI 4.0": TRANSFORMASI KUALITAS DAN PEMASARAN MELALUI INOVASI KEMASAN DENGAN RE_BRANDING DI ERA INDUSTRI 4.0. Jurnal Abdimas Akademika, 5(02), 187–199. Retrieved from https://aks-akk.e-journal.id/JAA/article/view/325