PELATIHAN PENCATATAN KEUANGAN BERDASARKAN SAK EMKM PADA USAHA AYAM PETELUR DI DESA BANGSRI KABUPATEN NGANJUK

Authors

  • Andy Kurniawan Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Atina Rokhmani Putri Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Lutfia Ariska Febriana Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

UMKM, Laporan Posisi Keuangan, Laporan Laba Rugi, Laporan Catatan Atas Laporan Keuangan

Abstract

Tujuan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM khususnya sektor peternakan yang ada di desa Bangsri Kecamatan Kertosono, Nganjuk dengan memberikan pemahaman tentang dasar akuntansi yang dikemas secara sederhana dan mudah dipahami yang menyajikan informasi keuangan berupa Laporan Posisi Keuangan, Laporan Laba/Rugi dan Catatan Atas Laporan Keuangan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah observasi, sosialisasi, pemaparan, dan pendampingan serta evaluasi. .Durasi waktu 4 bulan dimulai dengan pelatihan yang dilaksanakan pada Maret s.d. Mei 2024 dan pelaksanaan evaluasi pada bulan Juni 2024. Hasil kegiatan ini bahwa mitra yakni pelaku usaha peternakan mengikuti kegiatan pelatihan dengan aktif dan berpartisipasi dalam tanya jawab serta dapat menyelesaikan soal kasus yang diberikan dengan didampingi oleh tim pengabdian.

References

Andrianto, A., nuraini, fitri, & Maharani, R. (2017). Pencatatan Akuntansi Pada Usaha Peternakan Ayam Petelur ( Studi Kasus Usaha Peternakan Ayam Petelur di Kecamatan Sugio Lamongan ). Majalah Ekonomi, 22(1 Juli), 1–7. Retrieved from https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/641
Astuti, Puji, Saptantinah, Dewi. 2010. Perlunya Penerapan Sistem Akuntansi pada Usaha Kecil Menengah. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, Vol.10, No.2.
Ikatan Akuntan Indonesia. 2012. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta : Salemba Empat.
Kalsum, U., Siti Fatimah, dan Catur Wasonowati. (2011). Efektivitas Pemberian Air Leri terhadap Pertumbuhan dan Hasil Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus). AGROVIGOR, 4(2): 86-92.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Kurniawan, A., Putri, A. R., & Febriana, L. A. (2024). PELATIHAN PENCATATAN KEUANGAN BERDASARKAN SAK EMKM PADA USAHA AYAM PETELUR DI DESA BANGSRI KABUPATEN NGANJUK. Jurnal Abdimas Akademika, 5(01), 47–56. Retrieved from https://aks-akk.e-journal.id/JAA/article/view/300