PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA MELALUI PELATIHAN TEKNIK PEWARNAAN TIE-DYE PADA PRODUK FESYEN DI MAN 2 MADIUN

  • Inty Nahari Universitas Negeri Surabaya
  • Marniati Marniati UNESA
  • Mein Kharnolis UNESA
  • Deny Arifiana UNESA
  • Ma’rifatun Nashikhah UNESA
Keywords: Pelatihan, Pembuatan tie-dye, MAN 2 Madiun

Abstract

Tie-dye merupakan salah satu teknik pewarnaan kain yang dikerjakan dengan cara mengikat atau menjelujur kain. Teknik ini secara umum disebut sebagai jumputan. Mengingat dalam teknik pembutana tie-dye atau jumputan terdapat proses pengikatan seringkali teknik ini disebut juga sebagai batik jumputan. Tie-dye atau jumputan merupakan bagian dari craft atau benda-benda kerajinan yang saat ini digalakkan pemerintah sebagai salah satu 7 (tujuh) sektor industri kreatif. Terkait permasalahan tersebut, perlu peningkatan keterampilan siswa melalui pelatihan teknik pewarnaan tie-dye pada Produk Fesyen di MAN 2 Madiun agar mandiri dan siap kerja saat lulus sekolah. Tujuan PKM ini adalah untuk: 1) melatih siswa MAN 2 Madiun dalam pembuatan tie-dye pada kain dan T-Shirt, 2) membantu program ekonomi kreatif pada bidang craft atau kerajinan pemerintah dengan membekali keterampilan pada siswa MAN 2 Madiun. PKM ini diawali dengan merancang desain tie-dye dan pembuatan prototype produk. Selanjutnya proses pembuatan tie-dye meliputi penyiapan alat dan bahan, pengikatan bahan, penjelujuran bahan, pewarnaan, dan finishing.

References

Ajim, Nanang. (2017). Membuat Motif Jumputan Sederhana. Diambil dari https://www.mikirbae.com/2017/06/membuat-motif-jumputan-sederhana.html, diakses 6 September 2022.
Pujiati, S. E. (2005). Teknologi Proses Tekstil Kerajinan Tritik Jumputan. Panduan dalam Pelatihan Teknologi Tekstil Kerajinan Tritik Jumputan dengan Zat Warna Alam. Yogyakarta: Balai Besar Kerajinan dan Batik.
Ramadhan, Tria Yusrina Mochammad Sigit. Pengaplikasian Teknik Shibori dengan Eksplorasi Motif dan Tekstur Tekstil pada Produk Fashion. Diunduh tanggal 5 April 2021 dari https://core.ac.uk/download/pdf/229639616.pdf
Wada, Yosiko., Rice, M. K & Barton, Jane. (1983). Shibori: The Inventive Art of Japanese Shaped Resist Dyeing. Kodansha International.
Published
2022-12-31
How to Cite
Nahari, I., Marniati, M., Kharnolis, M., Arifiana, D., & Nashikhah, M. (2022). PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA MELALUI PELATIHAN TEKNIK PEWARNAAN TIE-DYE PADA PRODUK FESYEN DI MAN 2 MADIUN. Jurnal Abdimas Akademika, 3(02), 85 - 95. Retrieved from https://aks-akk.e-journal.id/JAA/article/view/222

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.